PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- MEI SIMANJUNTAK NIM: 7181141012. Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Pengenalan LapanganPersekolahan (PLP), dan Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 Universitas Negeri Medan 2022. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat mahasiswa menjadi guru. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh Persepsi Profesi Guru, Pengenalan LapanganPersekolahan (PLP), dan Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 sebanyak 100 orang. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persamaan regresi Y= Y = 11,668 + 0,284X1 + 0,368 X2+ 0,240X3 (2) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Persepsi Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Angkatan 2018 dengan nilai signifikan 0,001<0,05 dan thitung> ttabel (3,562 > 1,661). (3) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pengenalan Lapangan Pesekolahan terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Angkatan 2018 dengan nilai signifikan 0,000<0,05 dan thitung> ttabel (4,913 > 1,661). (4) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Prestsi Belajar Mahasiswa terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Angkatan 2018 dengan nilai signifikan 0,017<0,05 dan thitung> ttabel (2,419 > 1,661). (4) secara simultan Persepsi Profesi Guru, Pengenalan LapanganPersekolahan (PLP), dan Prestasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung> Ftabel (59,446 > 2,70). (5) kontribusi Persepsi Profesi Guru, Pengenalan LapanganPersekolahan (PLP), dan Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 adalah sebesar 65%. Sedangkan sisanya sebesar 35% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.