Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian korelasional. Dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif memiliki dua variabel yaitu x(komunikasi Dalam Keluarga) dan y (Prestasi Belajar Siswa). Penelitian kuantitatif menggunakan instrumen yang menghasilkan data numerikal (angka). Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di SMA Katolik Sibolga yang berada di Jalan Brigjen Katamso No.19, Ps. Baru, Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah Orangtua yang berjumlah 460 Orangtua dan sampel dalam penelitian ini adalah 10% dari jumlah Orangtua (460) yaitu sebanyak 46 Orangtua. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dengan metode kuantitatif statistik dengan menggunakan perhitungan rumus product moment. Hasil dari perhitungan koefisien antara variabel x terhadap variabel y diketahui bahwa nilai rhitung adalah sebesar 0,79. Apabila nilai ini dibandingkan dengan nilai rtabel pada signifikan dengan n-42, maka rhitung adalah sebesar sesuai dengan ketentuan, apabila nilai rhitung lebih besar dari pada nilai rtabel (rhitung > rtabel) atau 0,79≤ 0,304 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh komunikasi dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Katolik Sibolga.