Daftar Isi:
  • Elita Meilina Napitupulu, NIM 7183143015. Pengaruh Self Regulated Learning dan Penyesuaian Diri terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 16 Batam. Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya keaktifan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 16 Batam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh self regulated learning dan penyesuaian diri terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 16 Batam. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 16 Batam dengan populasi sebanyak 95 orang siswa dan sampel berjumlah 95 orang siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket self regulated learning, penyesuaian diri, dan keaktifan belajar siswa dalam bentuk skala Likert sebanyak 21 item soal untuk variabel self regulated learning, 19 item soal untuk variabel penyesuaian diri dan 19 item soal untuk variabel keaktifan belajar siswa. Dari hasil analisis diperoleh bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Self Regulated Learning (X1) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Y) Kelas XI IPS SMA Negeri 16 Batam yang ditunjukan dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Sedangkan Penyesuaian Diri (X2) terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Y) Kelas XI IPS SMA Negeri 16 Batam berpengaruh negatif yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,117 > 0,05. Kedua variabel tersebut secara simultan berpengaruh terhadap Keaktifan Belajar Siswa yang di tunjukan dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Dengan demikian berdasarkan penelitian terbukti bahwa Self Regulated Learning (X1) dan Penyesuaian Diri (X2) secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Y) Kelas XI IPS SMA Negeri 16 Batam sebesar 43,5% dan sisanya 56,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Secara matematis hasil perhitungan linear berganda dinyatakan dalam : Y = 14.638 + 0,486X1 + 0,233X2 +e