Daftar Isi:
  • Rovita Nilasari Sipahutar, NIM. 7183342002. Pengaruh Minat Belajar, Kebiasaan Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2021/2022”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Minat Belajar, Kebiasaan Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2021/2022”. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah 57 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data digunakan adalah menggunakan penyebaran angket. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 22.076 + 0,413X1 + 0,933X2 + 0,328X3. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 3,285 > 2,005 ttabel dan nilai signifikan 0,002 < 0,05. Kebiasaan belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung 3,386 > 2,005 ttabel dan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung 2,689 > 2,005 ttabel dan nilai signifikan 0,010 < 0,05. Selanjutnya minat belajar, kebiasaan belajar dan disiplin belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi nilai Fhitung 28,887 > 2,776 Ftabel dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh ketiga variabel bebas tersebut adalah 59,9%, sedangkan sisanya 40,1% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.