PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDANTAHUN AJARAN 2021/2022
Daftar Isi:
- Junita Trsia Siagian, NIM. 7183342030. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2021/2022”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Lingkungan Sekolah dan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2021/2022”. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah 57 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan angket. Analisis data yang digunakan yaitu program SPSS 23. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 30,766 + 0,426 X1 + 0,450 X2 . Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 4,220 > 2,005 ttabel dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sumber belajar juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung 4,949 > 2,005 ttabel dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Selanjutnya lingkungan sekolah dan sumber belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi nilai Fhitung 36,120 > 3,17 Ftabel dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 55,8%, sedangkan sisanya 44,2% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.