Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul berbasis discovery learning pada materi hukum newton yang layak digunakan, menganalisis tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis discovery learning pada materi hukum newton untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluation). Sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas X MIPA 6 dalam skala kecil dan 34 orang siswa kelas X MIPA 5 dalam skala besar di SMA Negeri 7 Medan. Instrumen penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan, angket analisis tugas, angket validasi ahli, angket kepraktisan guru fisika, angket kepraktisan respon siswa, soal pretest dan posttest hasil belajar, dan angket pretest dan posttest motivasi belajar. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 98,3% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 93% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli strategi pembelajaran memperoleh rata-rata 89,7% dengan kategori sangat valid, dan hasil uji kepraktisan guru fisika memperoleh rata-rata 95% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan respon siswa skala kecil dan skala besar memperoleh rata-rata 85,4% dan 88,8% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan terhadap hasil belajar memperoleh n-gain 0,64 dan 0,76 dengan kategori sedang dan tinggi. Hasil uji keefektifan terhadap motivasi belajar memperoleh n-gain 0,49 dan 0,50 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat layak dan sangat praktis sebagai bahan ajar serta efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa