Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas VIII SMPN 2 Tanjung Morawa, Jalan Limau Manis, Tandukan Raga, Sinembah Tj. Muda Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20632. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 107 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa dengan mengambil 30% dari jumlah populasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan rumus penelitian sebagai berikut : P=f/N x100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw terjadi perubahan positif yang sangat berarti. perubahan ini terjadi setelah penerapan model pembelajaran jigsaw. sikap negatif tersebut diantaranya tidak dapat bekerjasama, egois. dengan berkurangnya sikap-sikap negatif siswa kegaiatan pembelajaran berjalan semakin baik, kondusif dan dinamis karena siswa sudah benar-benar memahami model pembelajaran jigsaw dan mampu menerapkan dalam kegiatan pembelajaran