Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar akuntansi siswa kelas XI AKL SMK Budisatrya Medan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI AKL SMK Budistrya Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Budisatrya Medan yang terletak di Jalan Letda Sujono No. 166 Bandar Selamat, Tembung, Medan. Jenis penelitian ini adalah Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 53 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan penyebaran angket. Uji validitas menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), Uji hipotesis secara simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi. Hasil pengujian dari hipotesis pertama diperoleh nilai sig. 0,008 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil hipotesis kedua diperoleh nilai sig. 0,042 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dan hasil uji F diperoleh nilai sig 0,046 > 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 70,5%. Kesimpulan yang didapat: (1) konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi; (2) disiplin belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi; dan (3) secara simultan, konsep diri dan disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi.