PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MULTIPLE CHOICE REASONING TERBUKA BERBASIS HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen tes berbasis HOTS untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yakni Analysis, Design, Development, Implementation dan evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAS Gema Buwana. Pada pengujian validasi isi oleh validator soal tergolong kedalam instrumen valid. Sedangkan validitas butir didapat 9 soal dikatakan valid atau layak digunakan. Tes pada soal juga tergolong dalam kategori reliabel dengan interpretasi reliabilitas sangat tinggi dengan hasil 0,879. Untuk uji tingkat kesukaran soal diperoleh 1 soal dengan dengan kriteria mudah, 2 soal dengan kriteria sukar dan 6 soal dengan kriteria sedang. Sedangkan daya beda soal diperoleh 3 soal dengan kriteria diperbaiki dan 6 soal dengan kriteria diterima. Efektifitas pengecoh memperoleh hasil 5 pilihan jawaban dengan kriteria ditolak dan 31 pilihan jawaban dengan kriteria diterima. Berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa instrumen tes multiple choice resoning terbuka berbasis HOTS ini dikatakan layak untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa