Pengaruh Peran Guru Sebagai Fasilitator Terhadap Pembentukan Karakter Kewarganegaraann Siswa Di SMA ST Antonius Bangun Mulia Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Peran Guru Sebagai Fasilitator Terhadap Pembentukan Karakter Kewarganegaraan Siswa Di SMA ST. Antonius Bangun Mulia Medan. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SMA ST. Antonius Bangun Mulia Medan yang beralamat di Jl. Sisimangaraja Km 11 No.68 Kecamatan Medan Amplas Kota Medan Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA ST. Antonius Bangun Mulia Medan yang berjumlah 37 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dari jumlah populasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif statistik dengan perhitungan product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada peran guru sebagai fasilitator terhadap pembentukan karakter kewarganegaraan siswa di SMA ST. Antonius Bangun Mulia Medan. Peran guru sebagai fasilitator mempengaruhi karakter kewarganegaraan siswa di SMA ST. Antonius Bangun Mulia Medan sebesar 21,9%. Nilai rhitung lebih besar dari pada nilai rtabel (rhitung>rtabel) atau 0,468>0,3160 dimana rtabel pada n=37 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,3160. Hasil penelitian dengan munggunakan uji t diperoleh thitung=10,2 dengan harga ttabel=2,03011 karena thitung lebih besar daripada ttabel (10,2>2,03011) pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-2=(37-2=35) sehingga, hipotesis alternatif yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan pada peran guru sebagai fasilitator terhadap pembentukan karakter kewarganegaraan siswa di SMA ST. Antonius Bangun Mulia Medan dapat diterima.