PENGARUH E-LEARNING DAN DISIPILIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BALIGE
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah Hasil Belajar Akuntansi yang belum mencapai KKM di kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Balige. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-learning dan disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 2 Balige. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Balige, yang beralamat di Jalan. Kartini No. 1 Soposurung Balige. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 102 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 81 siswa, dimana pengambilan sampel Jenis Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) e-learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai signifikansi sebesar 0,031 < 0,05 ; (2) disiplin belajar berpengaruh secara positif dan signifikansi terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai signifikansi sebesar 0,015 < 0,05; (3) secara simultan, e-learning dan disiplin belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai signifikansi (0,03 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,112(11,2%) dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar peneliti ini. Persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y = 41,818 + 0,296X1+ 0,193X2 . Jadi, penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan e-learning dan disiplin belajar.