ctrlnum 49676
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/49676/</relation><title>PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA DI SMK PAB 2 HELVETIA</title><creator>SIRAIT, YUSNITA</creator><subject>LB2331.7 Teaching personnel</subject><description>Permasalahan dalam penelitian ini adalah beberapa peserta didik kelas XI OTKP di SMK PAB 2 Helvetia mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan karena bahan ajar yang kurang untuk mendukung pemahaman siswa.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis moodle yang layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana kelas XI OTKP SMK PAB 2 Helvetia.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&amp;D (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini satu orang ahli media dan ahli materi. Pada uji coba perorangan sampel tiga orang siswa dan pada uji coba terbatas dengan dua belas orang siswa, teknik pengambilan sampel adalah purposive sample atau judgemental sampling yaitu penarikan sampel dengan memilih siswa dari kognitif yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan validasi dari ahli media kategori sangat layak dan hasil validasi ahli materi kategori sangat layak. Kedua hasil uji coba perorangan 83,99% dan hasil uji coba terbatas 85,44% yang artinya bahan ajar interaktif berbasis moodle yang dikembangkan layak dan dapat digunakan oleh siswa dari kognitif yang berbeda-beda. Ketiga hasil uji N-gain pada kelas yang menggunakan bahan ajar interaktif berbasis moodle yang dikembangkan yaitu 0,77 kategori tinggi. Artinya bahan ajar interaktif berbasis moodle yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.</description><date>2022-07-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49676/1/1.NIM.7182144009%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49676/2/2.NIM.7182144009%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49676/3/3.NIM.7182144009%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49676/4/4.NIM.7182144009%20ABSTRACK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49676/5/5.NIM.7182144009%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49676/6/6.NIM.7182144009%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49676/7/7.NIM.7182144009%20ILLUSTRATIONS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49676/8/8.NIM.7182144009%20APENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49676/9/9.NIM.7182144009%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49676/10/13.NIM.7182144009%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49676/11/14.NIM%207182144009%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> SIRAIT, YUSNITA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA DI SMK PAB 2 HELVETIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan. </identifier><recordID>49676</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SIRAIT, YUSNITA
title PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA DI SMK PAB 2 HELVETIA
publishDate 2022
isbn 9787182144005
207182144009
topic LB2331.7 Teaching personnel
url http://digilib.unimed.ac.id/49676/1/1.NIM.7182144009%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49676/2/2.NIM.7182144009%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49676/3/3.NIM.7182144009%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49676/4/4.NIM.7182144009%20ABSTRACK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49676/5/5.NIM.7182144009%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49676/6/6.NIM.7182144009%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49676/7/7.NIM.7182144009%20ILLUSTRATIONS.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49676/8/8.NIM.7182144009%20APENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49676/9/9.NIM.7182144009%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49676/10/13.NIM.7182144009%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49676/11/14.NIM%207182144009%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49676/
contents Permasalahan dalam penelitian ini adalah beberapa peserta didik kelas XI OTKP di SMK PAB 2 Helvetia mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan karena bahan ajar yang kurang untuk mendukung pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis moodle yang layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana kelas XI OTKP SMK PAB 2 Helvetia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini satu orang ahli media dan ahli materi. Pada uji coba perorangan sampel tiga orang siswa dan pada uji coba terbatas dengan dua belas orang siswa, teknik pengambilan sampel adalah purposive sample atau judgemental sampling yaitu penarikan sampel dengan memilih siswa dari kognitif yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan validasi dari ahli media kategori sangat layak dan hasil validasi ahli materi kategori sangat layak. Kedua hasil uji coba perorangan 83,99% dan hasil uji coba terbatas 85,44% yang artinya bahan ajar interaktif berbasis moodle yang dikembangkan layak dan dapat digunakan oleh siswa dari kognitif yang berbeda-beda. Ketiga hasil uji N-gain pada kelas yang menggunakan bahan ajar interaktif berbasis moodle yang dikembangkan yaitu 0,77 kategori tinggi. Artinya bahan ajar interaktif berbasis moodle yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
id IOS3150.49676
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T14:01:05Z
last_indexed 2023-02-26T14:01:05Z
recordtype dc
_version_ 1766033640581496832
score 17.538404