PENGARUH AKTUALISASI DIRI DAN KETERLIBATAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ADMINISTRASI PERKANTORAN SELAMA PANDEMIC COVID-19 KELAS X SMK NEGERI 1 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Aktualisasi Diri dan Keterlibatan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Kabanjahe T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP yang berjumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling yang mana seluruh jumlah populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Perhitungan Regresi Linear Berganda, Pengujian Hipotesis Secara Parsial (Uji t), Pengujian Hipotesis Secara Simultan (Uji F), dan Menguji Koefisien Determinasi (R2). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel Aktualisasi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai thitung > ttabel sebesar 2,045 > 1,995 dan nilai signifikannya 0,045<0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Keterlibatan Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai thitung > ttabel sebesar 2,212 > 1,995 dan nilai signifikannya 0,030<0,05. Selain itu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Aktualisasi Diri dan Keterlibatan Orangtua terhadap Prestasi Belajar siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 4,366 > 3,12 dan nilai signifikannya 0,016 < 0,05. Dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 11,2%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Aktualisasi Diri dan Keterlibatan Orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI OTKP SMK N 1 Kabanjahe T.A 2021/2022.