Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran OTK Kepegawaian siswa kelas XI OTKP SMKS PAB 2 Helvetia. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran OTK Kepegawaian kelas XI OTKP 1 dan 2 di SMKS PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan pendekatan kuantitatif popolasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP yang berjumlah 72 siswa dan merupakan jenis penelitian sensus, yaitu penelitian yang megambil satu kelompok populasi sebagai sampel secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumetasi. Untuk uji instrument penelitian, peneliti menggunakan uji validitas dan uji reliablilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regrasi linear berganda, untuk uji hipotesis yang dilakukan meggunakan uji t dan uji F serta koefisien detrminasu (R2). Hasil penelitian berdasarkan koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa besarnya konstribusi variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 73,7%. Dimana variabel X2 (Disiplin Belajar) memberikan konstribusi atau pengaruh yang lebih besar terhadap prestasi belajar dibandingkan dengan variabel X1 (Lingkungan Belajar). Adapun nilai koefisien determinasi (R2) pada variabel X1 adalah sebesar 0,323 atau 32,3%, sedangkan variabel X2 memberikan konstribusi sebesar 0,414 atau 41,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran OTK Kepegawaian kelas XI OTKP 1 dan 2 SMKS PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2021/2022.