PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN KELAS XI SMK TAMAN SISWA T.A 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di Taman Siswa Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI OTKP di SMK Taman Siswa T.A 2021/2022 yang berjumlah 49 orang dengan menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Validitas instrument dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji f, R2). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Komunikasi Interpersonal terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai thitung>ttabel (3,039>1,678) dan nilai signifikansi 0,004<0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai thitung>ttabel (3,285>1,678) dan nilai signifikansi (0,002<0,05). Secara simultan (uji F) terdapat pengaruh positif dan signifikan Komunikasi Interpersonal dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai Fhitung>Ftabel (16,933>3,200) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,546 yang artinya variabel Komunikasi Interpersonal dan Fasilitas Belajar berpengaruh sebesar 54,6% terhadap prestasi belajar siswa kelas XI OTKP pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di SMK Taman Siswa Tahun Ajaran 2021/2022 dan sisanya sebesar 46,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.