PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTEENTION, RELEVANCE, CONVIDENCE, AND SATISFACTION) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar pada matakuliah kewirausahaan mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran stambuk 2018 fakultas ekonomi universitas negeri medan. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 59 mahasiswa dimana keseluruhan populasi merupakan sampel. Instrument yang digunakan adalah angket sehingga diperoleh data yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Multikolinearitas, dan Uji T. Pengolahan data menggunkan SPSS Versi 21 diperoleh hasil perhitungan nilai menunjukkan thitung 2,296 > ttabel 1,672 dengan nilai signifikansi 0,025 < 0,05 menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Convidence, and Satisfaction) terhadap aktivitas belajar pada mata kuliah kewirausahaan mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran stambuk 2018 fakultas ekonomi universitas negeri medan. Kemudian diperoleh nilai thitung 8,702 > ttabel 1,672 dengan nilai signifikansi 0,046 < 0,05 menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Convidence, and Satisfaction) terhadap hasil belajar pada mata kuliah kewirausahaan mahasiswa administrasi perkantoran stambuk 2018 fakultas ekonomi universitas negeri medan.