PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI-AP SMK NEGERI 1 PERGETTENG-GETTENG SENGKUT KABUPATEN PAKPAK BHARAT T. A 2021/ 2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar administrasi perkantoran. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 PGGS Kabupaten Pakpak Bharat. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa XI AP yang berjumlah 43 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik total sampling yang menggunakan seluruh populasinya karena anggota populasi relatif kecil. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket/ kuesioner. Sebelum angket diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji linearitas, persamaan regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 26,985 + 0,447X1 + 0,391X2. Selanjutnya variabel perhatian orang tua (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar administrasi perkantoran dengan nilai thitung > ttabel (3,162 > 2,019) dengan nilai sig α < 0,05 (0,003 < 0,05) dan variabel fasilitas belajar (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar administrasi perkantoran nilai thitung > ttabel (2,610 > 2,019) dengan nilai sig α < 0,05 (0,013 < 0,05). Selanjutnya nilai Fhitung > Ftabel (8,683 > 3,232) dengan nilai sig α < 0,05 (0,001 < 0,05) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar administrasi perkantoran. Persentase sumbangan pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar administrasi perkantoran sebesar 30,3% dan sisanya sebesar 69,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Hipotesis diterima.