PENGARUH PROMOSI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU KAMBING ETAWA DI ATH THUFAIL FARM LAUT DENDANG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Promosi Sosial Media Instagram dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Kambing Etawa di Ath Thufail Farm Laut Dendang Kecamatan Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 238 orang responden, dengan jumlah sampel 70 responden. Yang menjadi responden merupakan pelanggan yang berkunjug ke peternakan dan yang pernah mengonsumsi susu kambing etawa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket (Kuesioner) yang pengukurannya menggunakan skala Likert dan diolah secara statistik dengan menggunakan metode Analisis Regresi Berganda dengan persamaan Y=a+b1X1+b2X2+e serta diolah dengan program SPSS 22.00 for windows. Hasil penelitian meunjukkan bahwa variabel Promosi Sosial Media Instagram (X1) dan Inovasi Produk (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal ini terlihat dari nilai Fhitung > Ftabel, pada signifikasi α = 5%. Dimana besar pengaruh antara variabel Promosi Sosial Media Instgram dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian yang ditunjukkan dengan nilai R square. Sedangkan secara parsial Promosi Sosial Media Instagram memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung > ttabel dan Inovasi Produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian thitung > ttabel. Persamaan struktural dari model yang dapat dibuat adalah Y = a + b1X1 + b2X2 + e.