PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO THRIFT BRANDED469 BINJAI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelyanan, Promosi Media Sosial dan Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian pada toko Thrift Branded469 Binjai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sapling dengan jumlah sampel sebanyak 150. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner yang pengukuranya dengan skala ordinal dan diolah secara statistik menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan uji F, uji t dan koefisien determinasi yang sebelumnya data telah diuji menggunakan uji validitas, uji reabilitas dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan, promosi media sosial dan word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Tingkat signifikan dari kualitas pelayanan sebesar 0,037 < 0,05 dengan nilai t-hitung 2,107 > t-tabel 1,655. Tingkat signifikan dari promosi media sosial sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai t-hitung 5,779 > t-tabel 1,655. Tingkat signifikan Word of mouth sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai t-hitung 3,858 > t-tabel 1,655. Berdasarkan uji simultan menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, promosi media sosial dan word of mouth secara simultan berpengaruh tehadap keputusan pembelian. Hal ini terlihat dari nilai F-hitung > F-tabel 32.528 > 2,66 dan nilai signifikannya 0,000 < 0,05. Dari uji determinasi R2 diketahui bahwa besarnya presentase pengaruh variabel kualitas pelayanan, promosi media sosial dan word of mouth terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 0,401 yang berarti bahwa kualitas pelayanan, promosi media sosial dan word of mouth mampu memberikan kontribusi sebesar 40,1% Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini.