Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan metode pengambilan angket yaitu teknik random simple random sampling. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar yang ditunjukkan oleh nilai thitung>ttabel (6,891 > 1,663). dan nilai sgnifikansi (0,000 < 0,05) dan variabel Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas X IIS SMA Negeri 16 Medan dengan nilai thitung>ttabel (3,663 > 1,663). dan nilai signifikan α (0,000 < 0,05). Sedangkan dari uji hipotesis secara simultan di peroleh hasil bahwa variabel Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar secara Bersama-sama memilki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas X IIS SMA Negeri 16 Medan dengan nilai Fhitung > Ftabel (59,263 > 3,11) dengan taraf signifikan (0,000 < 0,05). 4. Dalam perhitungan determinasi ( R2) diperoleh sebesar 58,7%. Hal ini menunjukkan bahwa sumbangan pengaruh Keterampilan mengajar guru dan Fasilitas belajar terhadap Prestasi Belajar SMA Negeri 16 Medan adalah sebesar 66,4 %. Sedangkan sisanya 40,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.