Pengembangan Bahan Ajar Dengan Mengimplementasikan Virtual Manipulative yang Berorientasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemacahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta MARS Pematang Siantar
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar yang dikembangkan dengan dengan mengimplementasikan virtual manipulative dan berorientasi problem based learning; 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa SMP MARS Pematang Siantar Kelas VIII dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan mengimplementasikan virtual manipulative dan berorientasi problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahan ajar yang dikembangkan dengan mengimplementasikan virtual manipulative dan berorientasi problem based learning yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif; 2) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa SMP MARS Pematang Siantar Kelas VIII dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan mengimplementasikan virtual manipulative dan berorientasi problem base learning. Pada uji coba I terjadi peningkatan nilai kemampuan berpikir kritis sebesar 0,35 dan nilai kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,44 dengan kriteria sedang (0,3 <