Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash Berbasis Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 066650 Medan Kota
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbantuan Adobe Flash berbasis pembelajaran kooperatif yang dikembangkan pada materi kubus dan balok, 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan spasial dan dimensi–dimensi spasial bagi siswa yang di ajar dengan media pembelajaran berbantuan Adobe Flash berbasis pembelajaran kooperatif yang telah dikembangkan, 3)Mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan Adobe Flash berbasis pembelajaran kooperatif yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 06650 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 06650 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Thiagarajan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran berbantuan Adobe Flash berbasis pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kemampuan spasial dan kemandirian belajar siswa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan spasial menggunakan media pembelajaran berbasis kooperatif yang telah dikembangkan dilihat dari nilai rata-rata N-gain pada uji coba I dan uji coba II masing-masing sebesar 0,5 dan 0,8 yang berada pada kategori sedang dan tinggi. 3) Peningkatan kemandirian belajar siswa telah mengalami peningkatan dari uji coba I ke uji coba II setelah pembelajaran media pembelajaran berbantuan Adobe Flash berbasis pembelajaran kooperatif yang telah dikembangkan