Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Sub Tema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Kelas V SD Swasta Markus Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia interaktif berbasis problem based learning yang layak digunakan pada sub tema peristiwa kebangsaan masa penjajahan, dan (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada sub tema peristiwa kebangsaan masa penjajahan yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Develoment (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D. Metode penelitian terdiri dari dua tahap yaitu tahap I mengembangkan multimedia pembelajaran dan tahap II melakukan uji efektifitas produk. Hasil penelitian dalam tahap pengembangan produk multimedia pembelajaran menunjukkan bahwa: (1) penilaian ahli materi berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,58, (2) penilaian ahli media berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,51. keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada hasil post-test siswa pada uji coba II prosentase ketuntasan klasikal sebesar 90% dengan 30 siswa atau 90% dinyatakan tuntas. Dan 3 siswa atau 10% dinyatakan belum tuntas. 3) Kepraktisan media pembelajarn siswa disimpulkan berdasarkan respon guru; respon guru terhadap media pembelajaran pada uji coba pertama mencapai 91,67% termasuk kedalam kategori sangat praktis. Penilaian hasil belajar siswa berdasarkan pretest dan postest dianalisis dengan menggunakan N-Gain diperoleh nilai rata-rata gain sebesar 0,7 dimana dalam kategori tinggi. Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis problem based learning yang dikembangkan layak digunakan pada sub tema peristiwa kebangsaan masa penjajahan serta efektif untuk menigkatkan hasil belajar siswa.