Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun Pada Keluarga Broken Home (Studi kasus di dusun 9 Desa Sidua-dua Kabupaten Labuhanbatu Utara)
Daftar Isi:
- Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana perkembangan bahasa anak usia 4-6 tahun pada keluarga broken home. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan bahasa 4-6 tahun pada keluarga Broken Home. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah salah satu keluarga Broken Home yang memiliki anak usia 4-6 tahun di Dusun 9 Desa Sidua-dua. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan observasi yang tujuannya untuk mendapatkan data yang signifikan terhadap pokok permasalahan yang telah ditemukan. Hasil penelitian ditemukan bahwa dari keempat aspek yang mendorong perkembangan bahasa anak, yang lebih menonjol adalah aspek menyimak dan berbicara anak. Untuk menulis dan membaca saat ini anak masih terbata-bata dan masih diajarkan kembali untuk mengenal angka dan huruf agar memudahkan anak untuk menulis dan membaca dengan lancar. Dapat disimpulkan bahwa perkembangan bahasa anak yang sedang mengalami keluarga Broken Home sangat berkembang dengan baik