PENGEMBANGAN PERMAINAN GROUP HANDSHAKE UNTUK PENGEMBANGAN GERAK LOKOMOTOR PADA SISWA

Main Authors: Fadhilah, Nurul, Kasih, Indra, Hasibuan, Sanusi
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/49584/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49584/
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/26169/0
ctrlnum 49584
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/49584/</relation><title>PENGEMBANGAN PERMAINAN GROUP HANDSHAKE UNTUK PENGEMBANGAN GERAK LOKOMOTOR PADA SISWA</title><creator>Fadhilah, Nurul</creator><creator>Kasih, Indra</creator><creator>Hasibuan, Sanusi</creator><subject>GV1203 Children's games and amusements</subject><subject>GV201 Physical education and training</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini dilaksanakan di MIN 08 Petisah dan MIN 1 Medan. Subjek yang menjadi sasaran dalam penelitian siswa kelas 1. Subjek pada kelompok kecil dalam penelitian ini adalah siswa MIN 08 Petisah dengan jumlah 20 orang siswa yang mempunyai karakteristik rentang usia 6-8 tahun. Subjek pada kelompok besar dalam penelitian ini adalah siswa MIN 1 Medan dengan jumlah 40 siswa. Metode penelitian ini adalah research and development. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah permainan group handshake yang diadopsi dari permainan zombie tsunami. Berdasarkan data uji coba lapangan bahwa produk permainan group handshake selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil untuk melihat efektivitas produk yang ada, setelah uji coba kelompok kecil dilaksanakan guru meberikan angket pada tim penilai untuk mengetahui efektifitas produk. Dari nilai yang diperoleh diketahui bahwa skor empiris diperoleh sebesar 75,33 % (Cukup Valid) yang lebih besar dari nilai 60 standar minimal kriteria efektif sehingga melalui uji coba kelompok kecil maka dapat dinyatakan bahwa produk permainan group handshake efektif di MIN Kota Medan. Selanjutnya diujicobakan pada kelompok besar untuk melihat kualitas produk yang ada. Uji coba produk permainan group handshake ini dilakukan oleh 40 siswa MIN 1 Medan. Setelah itu guru meberikan angket pada tim penilai untuk mengetahui efektifitas produk. Dari nilai yang diperoleh diketahui bahwa skor empiris diperoleh sebesar 88,75% (Valid) yang berada pada interval 80 - 100 sehingga melalui uji coba kelompok besar maka dapat dinyatakan bahwa produk permainan group handshake efektif.</description><publisher>Prodi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan</publisher><date>2021-01</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49584/1/Fulltext.pdf</identifier><identifier> Fadhilah, Nurul and Kasih, Indra and Hasibuan, Sanusi (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN GROUP HANDSHAKE UNTUK PENGEMBANGAN GERAK LOKOMOTOR PADA SISWA. Jurnal Pedagogik Olahraga, 07 (01). pp. 36-41. ISSN 2503-5355 </identifier><relation>https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/26169/0</relation><recordID>49584</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fadhilah, Nurul
Kasih, Indra
Hasibuan, Sanusi
title PENGEMBANGAN PERMAINAN GROUP HANDSHAKE UNTUK PENGEMBANGAN GERAK LOKOMOTOR PADA SISWA
publisher Prodi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan
publishDate 2021
topic GV1203 Children's games and amusements
GV201 Physical education and training
LB1501 Primary Education
url http://digilib.unimed.ac.id/49584/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49584/
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/26169/0
contents Penelitian ini dilaksanakan di MIN 08 Petisah dan MIN 1 Medan. Subjek yang menjadi sasaran dalam penelitian siswa kelas 1. Subjek pada kelompok kecil dalam penelitian ini adalah siswa MIN 08 Petisah dengan jumlah 20 orang siswa yang mempunyai karakteristik rentang usia 6-8 tahun. Subjek pada kelompok besar dalam penelitian ini adalah siswa MIN 1 Medan dengan jumlah 40 siswa. Metode penelitian ini adalah research and development. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah permainan group handshake yang diadopsi dari permainan zombie tsunami. Berdasarkan data uji coba lapangan bahwa produk permainan group handshake selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil untuk melihat efektivitas produk yang ada, setelah uji coba kelompok kecil dilaksanakan guru meberikan angket pada tim penilai untuk mengetahui efektifitas produk. Dari nilai yang diperoleh diketahui bahwa skor empiris diperoleh sebesar 75,33 % (Cukup Valid) yang lebih besar dari nilai 60 standar minimal kriteria efektif sehingga melalui uji coba kelompok kecil maka dapat dinyatakan bahwa produk permainan group handshake efektif di MIN Kota Medan. Selanjutnya diujicobakan pada kelompok besar untuk melihat kualitas produk yang ada. Uji coba produk permainan group handshake ini dilakukan oleh 40 siswa MIN 1 Medan. Setelah itu guru meberikan angket pada tim penilai untuk mengetahui efektifitas produk. Dari nilai yang diperoleh diketahui bahwa skor empiris diperoleh sebesar 88,75% (Valid) yang berada pada interval 80 - 100 sehingga melalui uji coba kelompok besar maka dapat dinyatakan bahwa produk permainan group handshake efektif.
id IOS3150.49584
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T14:01:03Z
last_indexed 2023-02-26T14:01:03Z
recordtype dc
_version_ 1766033640217640960
score 17.538404