PENGEMBANGAN PERMAINAN GROUP HANDSHAKE UNTUK PENGEMBANGAN GERAK LOKOMOTOR PADA SISWA
Main Authors: | Fadhilah, Nurul, Kasih, Indra, Hasibuan, Sanusi |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/49584/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49584/ https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/26169/0 |
ctrlnum |
49584 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/49584/</relation><title>PENGEMBANGAN PERMAINAN GROUP HANDSHAKE UNTUK PENGEMBANGAN GERAK LOKOMOTOR PADA SISWA</title><creator>Fadhilah, Nurul</creator><creator>Kasih, Indra</creator><creator>Hasibuan, Sanusi</creator><subject>GV1203 Children's games and amusements</subject><subject>GV201 Physical education and training</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini dilaksanakan di MIN 08 Petisah dan MIN 1 Medan. Subjek yang menjadi sasaran dalam penelitian siswa kelas 1. Subjek pada kelompok kecil dalam penelitian ini adalah siswa MIN 08 Petisah dengan jumlah 20 orang siswa yang mempunyai karakteristik rentang usia 6-8 tahun. Subjek pada kelompok besar dalam penelitian ini adalah siswa MIN 1 Medan dengan jumlah 40 siswa. Metode penelitian ini adalah research and development. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah permainan group handshake yang diadopsi dari permainan zombie tsunami. Berdasarkan data uji coba lapangan bahwa produk permainan group handshake selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil untuk melihat efektivitas produk yang ada, setelah uji coba kelompok kecil dilaksanakan guru meberikan angket pada tim penilai untuk mengetahui efektifitas produk. Dari nilai yang diperoleh diketahui bahwa skor empiris diperoleh sebesar 75,33 % (Cukup Valid) yang lebih besar dari nilai 60 standar minimal kriteria efektif sehingga melalui uji coba kelompok kecil maka dapat dinyatakan bahwa produk permainan group handshake efektif di MIN Kota Medan. Selanjutnya diujicobakan pada kelompok besar untuk melihat kualitas produk yang ada. Uji coba produk permainan group handshake ini dilakukan oleh 40 siswa MIN 1 Medan. Setelah itu guru meberikan angket pada tim penilai untuk mengetahui efektifitas produk. Dari nilai yang diperoleh diketahui bahwa skor empiris diperoleh sebesar 88,75% (Valid) yang berada pada interval 80 - 100 sehingga melalui uji coba kelompok besar maka dapat dinyatakan bahwa produk permainan group handshake efektif.</description><publisher>Prodi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan</publisher><date>2021-01</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49584/1/Fulltext.pdf</identifier><identifier> Fadhilah, Nurul and Kasih, Indra and Hasibuan, Sanusi (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN GROUP HANDSHAKE UNTUK PENGEMBANGAN GERAK LOKOMOTOR PADA SISWA. Jurnal Pedagogik Olahraga, 07 (01). pp. 36-41. ISSN 2503-5355 </identifier><relation>https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/26169/0</relation><recordID>49584</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Fadhilah, Nurul Kasih, Indra Hasibuan, Sanusi |
title |
PENGEMBANGAN PERMAINAN GROUP HANDSHAKE UNTUK PENGEMBANGAN GERAK LOKOMOTOR PADA SISWA |
publisher |
Prodi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan |
publishDate |
2021 |
topic |
GV1203 Children's games and amusements GV201 Physical education and training LB1501 Primary Education |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/49584/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49584/ https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/26169/0 |
contents |
Penelitian ini dilaksanakan di MIN 08 Petisah dan MIN 1 Medan. Subjek yang menjadi sasaran dalam penelitian siswa kelas 1. Subjek pada kelompok kecil dalam penelitian ini adalah siswa MIN 08 Petisah dengan jumlah 20 orang siswa yang mempunyai karakteristik rentang usia 6-8 tahun. Subjek pada kelompok besar dalam penelitian ini adalah siswa MIN 1 Medan dengan jumlah 40 siswa. Metode penelitian ini adalah research and development. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah permainan group handshake yang diadopsi dari permainan zombie tsunami. Berdasarkan data uji coba lapangan bahwa produk permainan group handshake selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil untuk melihat efektivitas produk yang ada, setelah uji coba kelompok kecil dilaksanakan guru meberikan angket pada tim penilai untuk mengetahui efektifitas produk. Dari nilai yang diperoleh diketahui bahwa skor empiris diperoleh sebesar 75,33 % (Cukup Valid) yang lebih besar dari nilai 60 standar minimal kriteria efektif sehingga melalui uji coba kelompok kecil maka dapat dinyatakan bahwa produk permainan group handshake efektif di MIN Kota Medan. Selanjutnya diujicobakan pada kelompok besar untuk melihat kualitas produk yang ada. Uji coba produk permainan group handshake ini dilakukan oleh 40 siswa MIN 1 Medan. Setelah itu guru meberikan angket pada tim penilai untuk mengetahui efektifitas produk. Dari nilai yang diperoleh diketahui bahwa skor empiris diperoleh sebesar 88,75% (Valid) yang berada pada interval 80 - 100 sehingga melalui uji coba kelompok besar maka dapat dinyatakan bahwa produk permainan group handshake efektif. |
id |
IOS3150.49584 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2023-02-26T14:01:03Z |
last_indexed |
2023-02-26T14:01:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033640217640960 |
score |
17.538404 |