Daftar Isi:
  • Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan untuk menghasilkan e-modul interaktif berbasis kontekstual dengan bantuan aplikasi flip pdf professional yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Sehingga berguna untuk siswa dalam meningkatkan pemahaman pada materi bangun ruang sisi datar khusunya pada submateri kubus dan balok. Instrument penelitian yang dipakai yakni RPP, lembar validasi materi dan media e-modul, pretest dan posttest, serta angket respon siswa dan guru. Setelah seluruh instrument, RPP, dan e-modul dalam kategori valid, kemudian diujikan pada kelompok kecil dan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-Modul dalam kategori valid ditinjau dari segi materi dan media yaitu (92,70% dan 90,97%) dengan kategori sangat layak; (2) E-Modul telah memenuhi nilai kepraktisan dari hasil respon peserta didik dan guru yaitu (87,05% dan 87,5%) pada kategori sangat praktis; (3) E-Modul memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai 90% siswa yang memperoleh nilai ≥75 dan ketercapaian pada setiap indikator/tujuan pembelajaran yang melebihi 75% dari total siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian didapat N-Gain sebesar 0,72, maka termasuk dalam kategori tinggi memberikan efektivitas hasil belajar siswa.