Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbasis media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII dan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan metode Quasi Eksperimental Design . Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel penelitian ialah siswa kelas VII-1 dan siswa kelas VII-2 di MTs Swasta Islamiyah Kotapinang. Siswa kelas VII-1 berperan sebagai kelas eksperimen dengan banyak siswa sebanyak 32 siswa, dan kelas VII-2 berperan sebagai kelas kontrol dengan banyak siswa sebanyak 32. Instrument penelitian berupa pretest dan posttest. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf siginifikansi 0,05. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed)0,014<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbasis media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII.