PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 SIDIKALANG
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk menemukan bahan ajar interaktif berbasis quantum learning yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa secara praktis, valid, dan efektif berbasis quantum learning pada materi persamaan linear dua variable. Penelitian ini juga bertujuan untuk memperhatikan perubahan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan setelah belajar menggunakan bahan ajar interaktif yang peneliti kembangka. Setelah dilihat perubahannya, terlihat ketuntasan klasikal siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan SPLDV meningkat. Setelah penelitian dan pengembangan dilakukan, kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis meningkat yang tampak dari hasil ¬pretest dan pos-test. Hasil utama penelitian dan pengembangan ini yaitu bahan ajar interaktif berbasis quantum learning yang praktis, valid dan efektif. Bahan ajar yang dibuat dan dikembangkan valid setelah dilakukan proses validasi kepad dosen ahli dan praktis setelah diuji cobakan kepada guru dan siswa, berdasarkan angket respon guru dan siswa, bahan ajar interaktif yang dikembangkan memperoleh kategori kepraktisan yag ditentukan. Berdasarkan ketuntasan klasikal siswa yang mencapai bahan ajar interaktif dikatakan efektif karena memenuhi ketentuan yang ditentukan sebelumnya yaitu 86,67% pda uji coba I dan mencapai 93,33% pada uji coba II.