META ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik serta besar pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran, yakni penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif terhadap analisis hasil publikasi penelitian sebelumnya dengan teknik meta – analisis. Objek dalam penelitian adalah 5 artikel, yakni berupa jurnal internasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2017 – 2021 pada google cendekia, Google Schoolar, Reaserch gate dan lainnya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis besaran pengaruh dengan menggunakan rumus Cohen’s effect size. Hasil penelitian : Penerapan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat dilihat dari aspek – aspek kemampuan berpikir kreatif yakni aspek kelancaran, keluwesan, keterincian, keaslian, elaborasi dan kepekaan masuk kedalam tahapan membandingkan dan mendiskusikan jawaban. Secara keseluruhan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan perolehan nilai effect size sebesar 0,906 pada kategori effek besar.