Daftar Isi:
  • Sistem sekolah di Indonesia telah berubah karena pandemi COVID-19. Pembelajaran tradisional akan tergantikan oleh pembelajaran jarak jauh (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis MOOCs pada materi getaran dan gelombang yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D). Instrumen yang digunakan ada tiga yaitu, instrumen kelayakan media pembelajaran ditinjau dari ahli media, instrumen kelayakan materi ditinjau dari ahli materi dan instrumen respon siswa terhadap keefktifan media pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini yaitu 40 siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Hasil penelitian menunjukkan dalam uji coba skala kecil yaitu 10 siswa memperoleh rata-rata 4,55 dan uji coba skala besar yaitu 30 siswa memperoleh rata-rata 4,51 dikategorikan sangat layak. Hasil perolehan nilai 30 siswa kelas XI MIPA-5 memperoleh rata-rata pretest 29,3 dan postest 78,5 jika dihitung dengan gain ternormalisasi menunjukkan nilai gain sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Adanya peningkatan tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis MOOCs pada materi getaran dan gelombang efektif digunakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan.