Desain Evaluasi Pembelajaran Tari Serampang Dua Belas Berbasis HOTS dalam Bentuk Aplikasi Quizizz untuk Siswa SMA Kota Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain evaluasi pembelajaran tari serampang dua belas berbasis HOTS dalam bentuk aplikasi quizizz untuk siswa SMA Kota Medan. Desain evaluasi pembelajara dirancang sesuai dengan KD 3.1 dan KD 4.1. Teori yang digunakan menurut Hokason dan Gibbons (2014:19), Elis dan Rusdiana (2014:22), Sugiyono (2018:407), Anderson dan Krathwohl (2019:11). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan model pengembangan R&D. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Program Studi Pendidikan Tari,. Populasi \penelitian adalah delapan tari wajib Melayu, dengan sampelnya adalah tari Serampang Dua Belas. Instrumen penelitian menggunakan angket uji kelayakan ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan jenis rating scale dalam skala lima. Hasil penelitian menjunjukan desain evaluasi pembelajaran dalam aplikasi quizizz berbasis HOTS pada aspek kognitif C4-C6, afektif A4-A5, dan prikomotorik P4-P5. Butir soal disusun berdasarkan KD 3.1 tentang memahami konsep pada soal nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 9, 15; teknik pada soal nomor 12, 17, 18, 20; dan prosedur pada soal 8, 10, 11, 13, 14, 16, 19. Kemudian pada KD 4.1 berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur terdapat pada soal nomor 21 sampai 25. Keseluruhan soal dalam aplikasi Quizizz menjadi soalsoal dalam bentuk game online dengan memanfaatkan jaringan internet. Desain evaluasi memperoleh skor 91,1% dari hasil uji validasi ahli materi, dan skor 93,3% dari hasil uji validasi media dengan kategori sangat layak.