Daftar Isi:
  • Metode penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai Pendidikan Karakter dalam Tari Mesekat pada Masyarakat Alas di Kabupaten Aceh Tenggara. teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Asmani (2011 : 36-40) yang mengemukakan 5 nilai pendidikan karakter, dan penelitian ini hanya menggunakan 4 nilai pendidikan karakter yaitu nilai pendidikan karakter hubungan dengan Tuhan, nilai pendidikan karakter hubungan dengan diri sendiri, nilai pendidikan karakter hubungan dengan sesama, nilai pendidikan karakter hubungan dengan kebangsaan. Sampel dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat dan penari sanggar Bekhudihe. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang dilihat dari gerak, syair dan busana sesuai pada tari Mesekat yang mengacu kepada masing-masing nilai pendidikan karakter pada masyarakat Alas di Kabupaten Aceh Tenggara.