Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan hasil penelitian terdahulu tentang pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa serta untuk mendeskripsikan metasintesis pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Dalam hal ini penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metasintesis yaitu mengidentifikasi, menilai, dan menginterpretasi seluruh temuan-temuan mengenai pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tahun 2016-2020. Dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dibutuhkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan yang mengutamakan siswa aktif, maka pendekatan yang digunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif matematis memiliki pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.