Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis STEM pada materi vertebrata (aves) berdasarkan ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, tanggapan guru bidang biologi, tanggapan siswa dan keefektifan LKPD bagi siswa kelas X di SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 36 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, tanggapan guru biologi, tanggapan siswa terhadap LKPD berbasis STEM dan instrument test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian in i adalah angket penilaian ahli materi dinyatakan dengan persentase skor 85,71%, angket penilaian ahli pembelajaran dinyatakan dengan persentase skor 96,42%, angket penilaian ahli desain dinyatakan dengan persentase skor 96,15%, angket penilaian guru biologi dinyatakan dengan persentase 96,64% dan angket penilian siswa dinyatakan dengan persentase skor 94,44%. Jika dicocokan dengan tabel kriteria kelayakan maka skor pencapaian ini termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil analisis efektivitas LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) termasuk dalam kategori sedang dengan N-gain Score 0,63