EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN STEM (SAINS, TECHNOLOGY, ENGENEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA KELAS X MIA DI SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan lembar kerja peserta didik dengan berbasis STEM (Sains, Technology, Engeneering, And Mathematics). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-April 2022 di SMA Negeri 8 Medan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dalam bentuk Nonequivalent Pre-Post Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 6 dan X MIA 7 dengan jumlah 72 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik yang telah divalidasi sebelumnya, dan lembar penilaian. Hasil belajar pada materi Kingdom Animalia yang menggunakan LKPD STEM dan Buku Paket dapat dikatakan cukup efektif. Namun berdasarkan hasil nilai rata-rata n-gain skor, terdapat perbandingan cukup signifikan yaitu, LKPD STEM sebesar 0,75, sedangkan pada Buku Paket sebesar 0,57. Berdasarkan perbandingan nilai skor yang cukup signifikan. Penggunaan LKPD STEM lebih efektif terhadap hasil belajar siswa