Daftar Isi:
  • Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis komik digital serta menguji pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sel. Media pembelajaran dikembangkan dengan mengikuti model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Produk media divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran, dan selanjutnya dimintakan pendapat dari guru bidang studi biologi dan peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Data penelitian berupa hasil validasi ahli (diperoleh melalui instrumen validasi), pendapat guru dan peserta didik (melalui angket), dan hasil uji pengaruh (melalui tes hasil belajar). Data dianalisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik yang dikembangkan dinilai sangat layak baik oleh ahli materi (skor 94,38%), ahli media (89,34%) maupun oleh ahli pembelajaran (96,00%). Media komik juga dinilai sangat layak baik oleh guru biologi (93,22%) maupun oleh peserta didik (92,38%). Paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai post-test nyata lebih besar dibandingkan dengan nilai pre-test. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi sel mengalami peningkatan signifikan setelah menggunakan media komik digital yang dikembangkan