Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model cooperative learning tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada materi sistem pencernaan di kelas XI MIA SMAS St. Mikhael Pangururan T.P.2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 yang berjumlah 50 orang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Desain Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang dibagi menjadi 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh ada 2 yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 74, ke siklus II yaitu 88 sebesar 14%. Dan ketuntasan hasil belajar dari siklus I yaitu 70% meningkat di siklus II yaitu 86% sebesar 16%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa