ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN METAKOGNITIF MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI MATA KULIAH EVOLUSI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI UNIMED T.A. 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains dan metakognitif mahasiswa pendidikan biologi mata kuliah evolusi pada masa pandemi covid-19 di Unimed Tahun Akademik 2021/2022. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling yaitu keseluruhan mahasiswa pendidikan biologi FMIPA Unimed sebanyak 140 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan literasi sains berupa essay dan instrument non tes kemampuan metakognitif berupa angket. Data dianalisis deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan jawaban responden yang terkait penelitian mengenai kemampuan literasi sains dan metakognitif mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Biologi pada mata kuliah Evolusi selama masa Pandemi Covid-19 di Unimed Tahun Akademik 2021/2022 termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 54,91. Kemampuan metakognitif mahasiswa Pendidikan Biologi pada mata kuliah Evolusi selama masa Pandemi Covid-19 di Unimed Tahun Akademik 2021/2022 termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 73,74