PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MODEL STEcS UNTUK SISWA SMA KELAS X DI SMA NEGERI 13 MEDAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Daftar Isi:
- Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-modul interaktif berbasis STEcS dengan bantuan aplikasi Flip PDF Professional yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Sehingga berguna untuk siswa dalam meningkatkan pemahaman pada materi perubahan lingkungan khusunya pada submateri pencemaran lingkungan dan upaya pelestariannya. Instrumen penelitian yang dipakai yakni instrumen pembelajaran, lembar penilaian kelayakan isi dan kelayakan penyajian e-modul, pretest dan posttest, serta angket penilaian guru dan siswa. Setelah seluruh instrumen, RPP, dan e-modul dalam kategori valid, kemudian dilakukan uji coba lapangan terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-modul dalam kriteria valid ditinjau dari aspek kelayakan isi dan kelayakan penyajian e-modul yaitu (95,83% dan 96,78%) dengan kategori sangat layak; (2) E-modul telah memenuhi nilai kepraktisan dari hasil penilaian guru dan siswa yaitu (87,53% dan 88,45%) pada kategori sangat praktis; (3) E-modul memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai 100% siswa yang memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan analisis nilai hasil belajar siswa pretest dan posttest didapat N-Gain sebesar 0,69 (termasuk dalam kategori sedang) sehingga dapat dikatakan memberikan efektivitas hasil belajar siswa