Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan Multimedia Pembelajaran yang dikembangkan berbasis ispring suite 10 sebagai sumber belajar mandiri pada materi sistem pernapasan kelas XI SMA. Media Pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli yakni ahli materi, ahli media dan berdasarkan uji lapangan untuk memperoleh respon dan penilaian oleh guru bidang studi, dan siswa. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan instruksional model 4-D oleh Thiagarajan yang meliputi 4 tahapan yakni; define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran) yang dibatasi pada uji lapangan terbatas dan penyebaran terbatas untuk melihat hasil ketuntasan belajar klasikal siswa.Persiapan penelitian dimulai pada bulan Agustus 2021 dan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 – Juli 2022. Uji coba produk dilakukan di SMA Swasta Methodist 8 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Multimedia Pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa karena memenuhi kriteria kelayakan. Berdasarkan validasi ahli diperoleh mean skor 4,40 atau 88% (sangat layak) dari ahli materi. Sedangkan dari ahli media diperoleh skor mean skor 4,62 atau 92,4% (sangat layak). Berdasarkan hasil uji lapangan terhadap respon guru dan siswa diperoleh mean skor 87,05(sangat layak) dari hasil penilaian guru bidang studi dan mean skor 90,62 (sangat layak) dari hasil penilaian siswa. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada penyebaran terbatas mendapat persentase 86,15% (sangat layak)