Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis website dengan materi keanekaragaman hayati untuk membantu siswa mempelajari materi menjadi lebih menarik. Menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analysis (analisa), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi). Pada proses implementasi media pembelajaran berbasis website tersebut menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Tingkat kelayakan diperoleh dari proses validasi oleh ahli media dan ahli materi yang mendapatkan nilai dengan kategori “Sangat Layak” dengan masing-masing persentase 89% dan 93%. Tanggapan dari guru dan siswa terhadap website ini dapat dikategorikan “Sangat Baik” dengan masing-masing persentase 92% dan 91%. Efektivitas website terhadap hasil belajar kognitif siswa diuji cobakan pada 33 siswa kelas X IPA 4. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai pada pretest dan posttest siswa, dengan masing masing nilai 41 dan 81. Nilai yang diperoleh dengan score N-Gain 69% dikategorikan “Sedang”