Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan multimedia interaktif pembelajaran terintegrasi nilai-nilai karakter yang dikembangkan menggunakan Software Adobe Flash CS 6 pada materi sistem respirasi pada manusia berdasarkan tanggapan ahli materi, ahli media, guru bidang studi dan siswa. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan instruksional model 4-D, meliputi tahap define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), dibatasi pada tahap penyebaran terbatas untuk melihat ketuntasan belajar klasikal siswa yaitu kepada 36 orang siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Sipoholon T.A 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran materi sistem respirasi manusia karena memenuhi kriteria kelayakan dengan skor rata-rata 4,4 dari ahli materi yang termaksuk dalam kriteria sangat baik, skor rata-rata 4,3 dari ahli media yang termaksuk dalam kriteria sangat baik, skor rata-rata 4,7 dari guru bidang studi yang termaksuk dalam kriteria sangat baik, dan skor rata-rata setiap uji 4,5 dari siswa yang termaksuk dalam kriteria sangat baik. Ketuntasan belajar siswa pada penyebaran terbatas , mendapat persentase 94 %. Multimedia interaktif yang di integrasikan dengan nilai karakter menggunakan Software Adobe Flash CS 6 mendapat rata-rata skor total sebesar 0,9 terletak pada nilai X> 0,8 yang termaksuk dalam kriteria “sangat layak”. Skor total menurut penilaian siswa sebesar 0,9 ini menjelaskan bahwa produk ini tela telah memuat nilai-nilai karakter yang ditetapkan dan sesuai dengan kebutuhan siswa