Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bermuatan Karakter Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasari oleh permasalahan terkait rendahnya peningkatan berpikir kreatif dan pengembangan karakter dalam pembelajaran siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter yang valid, efektif dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Model pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter dikembangkan dengan memenuhi kriteria komponen model pembelajaran yaitu: sintaks model, sistem sosial, prinsip reaksi pengelolaan, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan pengiring. Penelitian dan pengembangan model pembelajaran yang dilakukan mengikuti model Plomp. Lokasi Penelitian ini dilaksanakan di empat SD Negeri dengan sampel 80 orang siswa yang terdapat di kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh ahli dan praktisi. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter yang memenuhi kriteria valid baik dari segi isi dan konstruk, praktis dan efektif berada pada level tinggi. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya supaya menerapkan model pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter pada tema yang lain