Daftar Isi:
  • Jenis Penelitian ini adalah Pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal matematika model PISA menggunakan konteks Sumatera Utara level 4, 5, 6 konten Change and Relationship yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four-D Model) yang terdiri dari 4 tahap yakni define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini ialah 26 siswa-siswi berumur 15 tahun kelas IX SMP IT IQRA Medan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, wawancara dan pemberian lembar validasi. Analisis dilakukan secara bertahap dengan urutan analisis validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, kepraktisan dan efek potensial dari uji coba instrument. Hasil penelitian ini ialah 6 butir soal matematika model PISA dengan konteks Sumatera Utara yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Valid dari segi konten, kontruks, dan bahasa berdasarkan penilaian validator, one-to-one dan uji validitas pada tahap small group. Praktis berdasarkan uji coba small group dan memiliki efek potensial berdasarkan analisis hasil jawaban siswa pada field test