ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS VIII SMP IT AD DURRAH
Daftar Isi:
- Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi Matematis siswa kelas VIII SMP IT Ad Durrah setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), dan Mengetahui capaian dan kesulitan yang dialami siswa kelas VIII di SMP IT Ad Durrah dalam menyelesaikan tes komunikasi matematis setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII SMP IT Ad-Durrah yang berjumlah 33 orang, kemudian diangkat untuk subjek wawancara berdasarkan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa yang berbeda(tinggi, sedang, rendah). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes meliputi kemampuan komunikasi matematis dan metode wawancara. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP di SMP IT Ad-Durrah setelah diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) menunjukkan dari 33 siswa diperoleh d bahwa 18,18% siswa denga kategori rendah, 51,51% siswa dengan kategori sedang dan 30,30% siswa dengan kategori rendah. (2) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa kelas VIII SMP IT Ad-Durrah dalam kemampuan komunikasi matematis pada siswa berkemampuan komunikasi matematis rendah yaitu pada aspek menjelaskan matematis dan ekspresi matematis. Sedangkan pada siswa berkemampuan komunikasi matematis sedang, siswa mengalami kesulitan pada aspek menggambar matematis