Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di MTS Negeri 2 Asahan yang beralamat di Jl. Melur Kelurahan. Kisaran Naga, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara Kode Pos 21219. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Febuari 2022 s/d Maret 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava. Hasil penelitian ini adalah : 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa siswa kelas VII MTS Negeri 2 Asahan yang diberi perlakuan model SAVI yang menggunakan video dan model SAVI yang menggunakan power point. Hal diporoleh dari Fh = 7,55 dan Ft = 4,09, dan kesimpulannya Fh > Ft. 2) Hasil penelitian dimana Fh = 22,07 dan Ft = 4,09 dimana kesimpulannya adalah Fh > Ft. sehingga dapat disimpulkan terdapat interaksi antara model SAVI dan nilai karakter siswa kelas VII MTS Negeri 2 Asahan. 3) Dalam penelitian ini dilanjutkan uji tukey, dimana` perolehan kesimpulan : terdapat perbedanaan yang signifikan karena Q hitung > Q tabel. Perolehan Q tabel = 2 :20 = 2,95 dahn Qh = 3,76. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hasil belajar siswa yang memiliki nilai karakter tinggi yang diajarkan dengan model SAVI dan media video lebih baik dari pada siswa yang memiliki nilai karakter tinggi yang diajarkan dengan model SAVI dan media power point. 4) Dalam penelitian ini dilanjutkan uji tukey, dimana` perolehan kesimpulan : terdapat perbedanaan yang signifikan karena Q tabel = 2 : 20 = 2,95, Kesimpulan terdapat perbedaan signifikan karena Q hitung > Q tabel. Perolehan Qh = 9,54. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hasil belajar siswa yang memiliki nilai karakter tinggi yang diajarkan dengan model SAVI dan media video lebih baik dari pada siswa yang memiliki nilai karakter tinggi yang diajarkan dengan model SAVI dan media power point