PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Raya setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Raya yang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi irisan dua lingkaran. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I, diperoleh bahwa hanya 16 siswa (47.06 %) yang telah memenuhi kriteria yang ditentukan yaitu siswa memperoleh nilai ≥ 65. Dari hasil tersebut, dinyatakan bahwa ketuntasan klasikal kelas belum mencapai kriteria minimal ≥ 85% (banyak siswa yang kemampuan komunikasinya minimal kriteria cukup adalah minimal 85%). Setelah tindakan di siklus II, pada hasil tes kemampuan komunikasi matematis II diperoleh ada 30 siswa (88.24%) siswa sudah mencapai standar komunikasi yang di targetkan, yaitu memperoleh nilai ≥ 65. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 14 siswa atau 41.18 % dan berdasarkan hasil tersebut maka persentase ketuntasan klasikal ini sudah memenuhi standar yang sudah ditentukan. Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi siklus I yaitu 59.56 dan meningkat menjadi 76.75 pada siklus II sehingga diperoleh peningkatan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 17.19. Berdasarkan uraian-uraian diatas disimpulkan bahwa komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi irisan dua lingkaran di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Raya