Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Matematika Realistik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Al Azhar Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas model pembelajaran berbasis matematika realistik berbantuan yang dikembangkan; 2) kepraktisan model pembelajarann berbasis matematika realistik melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan; 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan; dan 4) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan di kelas VII-A dan VII-B SMP Al Azhar Medan untuk melihat efektivitasnya. Dari hasil uji coba I dan Uji coba II diperoleh: 1) model pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan efektif, ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan; 3) Perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan dapat Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; dan 4) respon positif siswa terhadap aktivitas dan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan