Pembuatan E-Modul Usaha dan Energi Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dihadapi sehingga penelitian ini dibuat adalah bahan ajar berbasis Problem Solving belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul usaha dan energi yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan dengan menggunakan model 4-D. Model ini terdiri dari empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develope (pengembangan), dan desseminate (penyebarluasan). Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara, angket, dan tes hasil belajar. E-modul diujicobakan kepada guru dan 30 orang peserta didik di SMA N 11 Medan. Hasil uji validitas dan praktikalitas e-modul dianalisis dengan skala Likert. Hasil uji efektifitas e-modul dianalisis dengan formula N- Gain. Hasil validitas ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 88,3 % dan validitas ahli materi e-modul diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,5% dengan kategori memiliki kevalidan yang tinggi. Hasil Praktikalitas e-modul oleh guru dan siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 90% dan 95,16% dengan kategori kepraktisan yang tinggi. Hasil uji efektifitas e-modul diperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-modul usaha dan energi berbasis problem solving untuk meningkatkan HOTS siswa yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif