Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri dengan Audio Visual dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Organ Pernapasan Hewan dan Manusia Di SD Nurul Hasanah

Main Author: Wihartini, Kiki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/49319/3/1.NIM%208186181009.KIKI%20WIHARTINI.COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49319/4/2.NIM%208186181009.KIKI%20WIHARTINI.PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49319/6/3.NIM%208186181009.KIKI%20WIHARTINI.ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49319/7/4.NIM%208186181009.KIKI%20WIHARTINI.KATA%20PENGANTAR%20%281%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49319/8/5.NIM%208186181009.KIKI%20WIHARTINI.DAFTAR%20ISI%20%281%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49319/1/6.NIM%208186181009.KIKI%20WIHARTINI.DAFTAR%20TABEL%20%281%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49319/2/7.NIM%208186181009.KIKI%20WIHARTINI.DAFTAR%20GAMBAR%20%281%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49319/1/8.NIM%208186181009.KIKI%20WIHARTINI.DAFTAR%20LAMPIRAN%20%281%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49319/5/9.NIM%208186181009.KIKI%20WIHARTINI.BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49319/9/13.NIM%208186181009.KIKI%20WIHARTINI.BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49319/10/14.NIM%208186181009.KIKI%20WIHARTINI.Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49319/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis anak yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dengan audio visual dan berdasarkan Keterampilan Proses Sains, serta interaksi antara kedua model dengan tingkat Keterampilan Proses sains anak dalam mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dilaksanakan di SD Nurul Hasanah pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian terdiri dari kelas V-A dan V-B yang diambil dengan cara teknik Random sampling. Kelas V-A sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry berbasis Audio Visual , sedangkan untuk kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran langsung terpilih kelas V-B. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Berdasarkan hasil analisis dan temuan peneliti dari lapangan diperoleh beberapa kesimpulan yang merupakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada rumusan masalah, diantaranya kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung(sig. = 0,000 < 0,05), kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki Keterampilan Proses Sains tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki Keterampilan Proses Sains rendah (sig.=0,034<0,05), dan terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat Keterampilan Proses Sains dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa (sig. = 0,019 < 0,05).